Wednesday, May 19, 2010

Medan-Sumut diancam gempa dahsyat!

Wednesday, 19 May 2010

PRAWIRA SETIABUDI/WASPADA ONLINE

MEDAN - Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Utara dan Aceh memprediksi, pada tahun 2010 ini hingga 2016 mendatang, wilayah Sumut, khususnya kota Medan akan sangat berpotensi dilanda gempa yang berkekuatan dahsyat.

Dewan pakar IAGI Sumut, Jonathan Tarigan, mengatakan sumber ancaman gempa bumi di Sumut terdapat pada empat jalur, seperti jalur Nias-Mentawai berpotensi memunculkan gempa bumi 9 Skala Richter (SR), jalur patahan Renun- patahan Toru-patahan Angkola berpotensi gempabumi di atas 7SR, sedangkan jalur patahan Bahorok-patahan Ordi berlanjut ke Nias Selatan-Pulau Telo.

“Jalur patahan Malaka-patahan Mergui di selat Malaka berpotensi memunculkan tsunami terhadap kawasan pantai timur Sumut,” ujarnya kepada Waspada Online, malam ini.

Jonathan mengatakan ancaman terhadap Medan dan Binjai serta kabupaten Langkat bersumber dari patahan Bahorok yg berjarak 50-an km, dengan gempa berkekuatan 5 SR saja dengan kedalaman dangkal 10-30 km. Kondisi dapat menimbulkan kerusakan hebat di Medan, Binjai dan Langkat.

Jonathan juga menerangkan, kejadian gempa bumi di Sumut sudah memasuki periode ulang. Yakni kejadian gempa bumi di Nisel tahun 1935 (7,7 SR) dan gempa bumi di patahan Renun/patahan Bahorok tahun 1936 (7,2SR), memasuki periode ulang gempa bumi di jalur patahan di darat antara 50-80 tahunan. “Artinya jadwal geologis kejadian perulangan gempa bumi sudah tiba waktunya antara sekarang hingga 5-10 tahun ke depan,” jelas Jonathan.

Jadi, lanjut dia, ancaman gempa bumi yang potensil terhadap Medan, Binjai dan Langkat berada pada rentang waktu sekarang hingga ke tahun 2016. Ditambahkannya lagi, ancaman gempa bumi yg paling potensil terhadap Medan dan Binjai bersumber dari patahan Bahorok - patahan Renun, dimana gempabumi terjadi pada tahun 1936 dengan kekuatan 7,2 SR.

“Jadi, kalau fakta empiris menyatakan periode ulang gempa bumi di darat 80 tahun, maka prediksi perulangan adalah tahun 2016. Artinya gempa bumi di jalur patahan Bahorok-Renun dapat terjadi pada kisaran waktu sejak sekarang, besok, bulan depan atau tahun depan hingga tahun 2016,” pungkasnya.
Editor: NORA DELIYANA LUMBANGAOL

(dat04/wol-mdn)

No comments:

Post a Comment